Harga Tarif Baru Tiket Kereta Api 2011 Kelas Ekonomi Harga Tarif Karcis Kereta KRL KRD Mengalami Kenaikan

Harga Tarif Baru Tiket Kereta Api 2011 Kelas Ekonomi Harga Tarif Karcis Kereta KRL KRD Mengalami Kenaikan - Buat yang sering menggunakan transportasi Kereta api PT Kereta Api Indonesia pada rahun 2011 rencananya akan menaikkan harga tiket untuk jenis KRL dan KRD.

PT Kereta Api akan menaikan tarif kereta rel listrik (KRL) dan kereta disel (KRD) untuk jenis perjalanan jarak dekat mulai 8 Januari 2011 nanti.

Peningkatan biaya operasional kereta menjadi pemicu kenaikan harga tiket KA tarif kereta ekonomi antara Rp500 sampai Rp1.500. Kenaikan ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang.

"Kenaikkan atas keputusan dari Menteri Perhubungan. Kami sebagai pengelola hanya mengikuti keputusan," ujar Kepala Humas Daop 1 PT KA, Mateta Rizalulhaq, Kamis 6 Januari 2011.

Menurut Mateta, kenaikkan tarif kereta api 2011 dianggap sesuatu hal yang wajar karena selama sembilan tahun tarif KRL dan KRD kelas ekonomi belum pernah naik. Padahal kebutuhan biaya segala lini operasional usaha meningkat seiring kenaikan harga bahan bakar.

"Banyak harga mengalami beberapa kali peningkat tetapi kami tidak menaikkan tarif. Kalau sekarang tarif naik saya anggap tidak terlalu memberatkan," ujarnya.

Rencana kenaikan tarif KRL dan KRD kelas ekonomi sempat pernah digulirkan pada Juni 2010 dan Oktober 2010. Namun rencana kenaikan tarif itu batal karena dinilai belum tepat waktunya.

Saat ini kenaikan tarif dianggap sudah sesuai dengan kondisi karena biaya operasional yang terus meningkat. "Kami sempat menurunkan tarif pada 2008 dan 2009. Jadi meski naik tetapi sebenarnya tarif yang akan dinaikan pada 8 Januari 2011 itu mirip dengan tarif pada tahun 2008," ujar Mateta.

Kenaikan tarif akan dikembalikan dengan meningkatkan pelayanan seperti pengadaan kipas angin dan fasilitas lain. Karena subsidi dari pemerintah tidak mencukupi untuk menutupi biaya operasional. vivanews.com



NB : Kenaikan Tarif Kereta Api Telah Dibatalkan Sesuai info Kutipan dari Kompas.com berikut ini :

Pemerintah membatalkan kembali kenaikan tarif kereta ekonomi yang sebenarnya baru diberlakukan pada Sabtu (8/1/2011) ini. Keputusan itu baru ditentukan Sabtu malam ini setelah pemerintah menganalisis perkembangan di lapangan.

"Begitu pula keputusan yang kami dengar. Kabarnya, ada instruksi dari Istana," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan, Sabtu malam ini, saat dihubungi. Bambang berjanji akan mengumpulkan informasi terakhir Minggu pagi.

Direksi PT Kereta Api Indonesia pun sudah menginstruksikan melalui pesan singkat kepada para Kepala Daerah Operasi dan Kepala Divisi Regional untuk memberlakukan tarif lama mulai Minggu besok. Penundaan kenaikan tarif diprediksi hingga Maret atau April 2011.

Sebelumnya, pada Sabtu ini, tarif kereta ekonomi naik bervariasi berdasarkan jarak, dengan rentang 16-62 persen. Secara nominal kenaikan tarif kelas ekonomi sebenarnya tidak terlalu besar sebab kenaikan tarif KRL ekonomi sebesar 62 persen hanyalah Rp 2.000.

Standar pelayanan minimum

Peneliti perkeretaapian dari LIPI, Taufik Hidayat, dan Koordinator KRL Mania, Agus Imansyah, berjanji akan menggunakan waktu selama penundaan tarif ini untuk menyusun standar pelayanan minimum (SPM) kereta api.

Penyusunan akan melibatkan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, organisasi KRL Mania, hingga korporasi. Kenaikan tarif tanpa peningkatan pelayanan justru memperburuk citra PT Kereta Api Indonesia.

"Satu-satunya jalan adalah membuat SPM dulu," kata Soegeng Setyo, Chief Executive Officer KATV, sebuah kelompok usaha pendukung perkeretaapian, di bidang media, televisi, dan kafé .

Pemerhati transportasi Rudy Thehamihardja juga menegaskan akan membantu penyusunan SPM kereta api. SPM adalah titik awal dari membaiknya pelayanan transportasi publik di negara ini. "Tanpa standar, bagaimana kita beranjak dari satu titik pelayanan ke arah sebuah perbaikan," ujar dia.

Senada dengan Rudy, Ketua Forum Masyarakat Perkeretaapian dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno mendukung keberadaan SPM kereta api sebelum tarif dinaikkan. "SPM penting agar perkeretaapian tak sekedar dijadikan mainan politik," kata dia.
http://nasional.kompas.com/read/2011/01/08/22263363/Kenaikan.Tarif.KA.Dibatalkan.Malam.Ini-14

Bagi Info ini Di :

0 comments: