Penetapan Hari Awal Puasa Ramadhan 2011/1432 Hijriyah Tanggal Berapa Hari Apa Puasa Pertama Di Laksanakan Tahun 2011?

Penetapan Hari Awal Puasa Ramadhan 2011/1432 Hijriyah Tanggal Berapa Hari Apa Puasa Pertama Di Laksanakan Tahun 2011? - Sebentar lagi umat Islam/Muslim akan kedatangan bulan suci Ramadhan atau bulan puasa. Tidak ada salahnya persiapkan sedini mungkin untuk menyambut bulan suci penuh berkah. Kapankah hari awal puasa Ramadhan tahun 2011 dan hari apa umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa tahun 2011 ini?

Memang belum ada keputusan resmi dari pihak pemerintah atau organisani islam seperti Muhammadiyah mengenai penetapan awal Ramadhan tahun 2011 ini. Untuk mengetahui dan menentukan kapan tanggal 1 Ramadhan 1432 atau awal puasa 2011 kan ada ilmunya, kalau dalam islam di namakan hilal.


Diperkirakan Gerhana bulan total 16 Juni 2011 bisa disaksikan live streaming. Tak hanya untuk mengamati gerhana saja, pada saat menyaksikan hilal pada 30 Juli mendatang, live streaming pun akan dipakai. Jadi masyarakat bisa melihat langsung hilal, untuk menentukan kapan 1 Ramadhan 1432 awal puasa 2011 jatuh tanggal berapa.

Menurut Direktur Observatorium Bosscha Hakim L Malasan, sebenarnya live streaming pada gerhana bulan total 16 Juni mendatang merupakan ujicoba untuk hilal nanti. "Mulai tahun ini masyarakat luas bisa menyaksikan secara live streaming hilal. Ini kerjasama dengan Kominfo dan beberapa observatorium yang ada di Indonesia serta Lapan," terangnya kepada detikbandung melalui telepon, Selasa (7/6/2011).

Menurutnya sejak 2007, penampakan hilal sudah bisa disaksikan melalui live streaming, namun masih untuk kalangan terbatas. Sebab untuk melihat live streaming dibutuhkan alat khusus lagi.

"Kalau sekarang lebih enteng. Live streamingnya bisa masuk YouTube juga. Jadi siapapun warga yang mengakses internet, bisa mengakses live streaming gerhana maupun hilal nanti," ujarnya.

Hakim mengatakan sengaja dilakukan live streaming untuk melihat hilal agar masyarakat luas menjadi paham mengenai apa itu hilal yang kerap diperbincangkan jika menjelang ramadhan.

"Jadi masyarakat tuh tahu apa sih hilal itu. Ya ini untuk menambah wawasan masyarakat," katanya.

Jika Anda ingin lihat live streaming, masyarakat bisa melihatnya di depkominfo.go.id atau bisa dilihat di bossca.itb.ac.id (detik.com)

Baca juga mengenai informasi perkiraan perkiraan awal Ramadhan dan Syawal 2011 untuk Indonesia oleh ahli falak Tiki Taka (perhitungan berdasarkan waktu DKI Jakarta) dari ttp://tikitakablog.wordpress.com/2011/05/09/perkiraan-awal-ramadhan-dan-syawal-2011/

Awal Ramadhan 2011 / 1432 H

Bulan baru terjadi lepas tengah malam 31 Juli 2011 WIB. Artinya bulan sudah cukup umur untuk dirukyat petang harinya. Matahari tenggelam jam 5:55 sore dan ada sekitar setengah jam waktu untuk mencari sosok hilal sebelum terbenam. Ketinggian bulan ketika terbenam sekitar 6 derajat di atas ufuk (relativ mudah dirukyat menggunakan alat bantu teleskop). Oleh sebab itu, kemungkinan besar puasa akan dimulai tanggal 1 Agustus 2011. Bagaimana dengan Muhammadiyah? Karena Muhammadiyah tidak menggunakan metode rukyat, tanggal 31 Juli sore akan ditetapkan sebagai awal ramadhan. Artinya Muhammadiyah pasti (baca: insya Alloh) akan menentukan tanggal 1 Agustus sebagai hari pertama puasa (biasanya ada surat edaran Muhammadiyah sekitar sebulan sebelum ramadhan).

Kesimpulan jatuhnya awal ramadhan: Muhammadiyah dan Pemerintah akan sama-sama sepakat tanggal 1 Agustus 2011 sebagai hari pertama puasa.

Awal Syawal 1432 Hijriyah / tahun 2011 Masehi

Awal syawal tahun ini sepertinya akan mengulangi kejadian awal Ramadhan tahun lalu. Bulan baru terjadi sekitar jam 10 pagi WIB tanggal 29 Agustus 2010. Ini mengakibatkan bulan belum cukup besar untuk dilihat petang harinya. Hanya ada sekitar 9 menit mencari sosok hilal setelah matahari tenggelam pukul 5:53 petang. Ketinggian bulan kurang dari 2 derajat dari ufuk ketika matahari terbenam. Dari sisi astronomi, impossible melihat hilal dengan kondisi seperti ini. TETAPI, tahun lalu ada saja yang meng-klaim melihat hilal. Pakar dari LAPAN saja geleng2 kepala. Hebat sekali mata pengamat hilal saat itu (mungkin punya ilmu ngergo sukmo :-) Apa boleh buat, karena sudah disumpah sidang itsbat saat itu memutuskan menerima penyaksian segelintir yang melihat (kalo ngga salah daerah gresik, dan cilincing jakut yang melihat, padahal lautnya gresik itu ya menghadap ke timur :)
Bagaimana dengan Muhammadiyah? Kondisi hilal 2 derajat di atas ufuk dan matahari duluan tenggelam dari bulan cukup memenuhi kriteria bulan baru. Oleh sebab itu Muhammadiyah pasti menentukan tanggal 30 Agustus harinya sholat ied (jadi cuma berpuasa 29 hari).

Bagi Info ini Di :

1 comments:

info 09 mengatakan...

thanks infonya izin copas yak..