Pakaian Adat Tradisional Sumatra Barat

Pakaian Adat Tradisional Sumatra Barat - Mengenal Budaya Sumatera Barat lewat pakaian Adatnya. Provinsi Sumatera Barat berada di bagian barat pulau Sumatera dan beribukota di Padang. Menarik sekali jika suatu saat bisa berkunjung ke tempat wisata Sumatera Barat, selain obyek wisatanya yang indah, ada hal yang unik dan menarik lainnya yaitu budaya Sumatera Barat dan makanan khas Sumatera Barat yang sudah tidak asing lagi seperti Rendang dan masakan Padang.

Informasi budaya Sumbar tentang pakaian adat tradisional daerah Sumatra Barat ini untuk mengenalkan masyarakat Indonesia mengenai budaya Sumatera Barat. Anda juga bisa baca Pakaian Adat Indonesia lainya untuk menambah wawasan kita terhadap Budaya Indonesia melalui pakaian adatnya.Tapi tidak cuma budayanya saja yang menarik, Makanan Khas Padang Sumatera Barat tentunya juga uenak tenan..

Gambar Pakaian Adat Tradisional Daerah Sumatera Barat

Busana Pakaian Adat Sumatera Barat

Pakaian Adat Tradisional Sumatera Barat

Baju Busana Adat Tradisional Sumatera Barat


Pakaian adat tradisional Sumatera Barat untuk wanita
Untuk busana adat wanita ada disebut gaun dan kurung, busana ini merupakan baju adat Sumatera Barat untuk kaum perempuan. Secara simbolis Gaun ini memiliki makna berupa : pada bagian atas, disebut dengan tingkolok atau aikik tingkolok horny. Berupa tabir yang berbentuk menyerupai Tanduk biromay emas. Dan ini umumnya dikenakan oleh perempuan yang sedang belajar kandwang jangka Bundu.

Sedangkan arti dari tingkolok abad ini adalah kepemilikan gudang rumah, yang maksudanya adalah pemilik gudang Bundu kandwang House. Karena masyarakat disini memeluk ibu kelahiran minang (regangan ibu).

Pada bagian tengah busana dalam kurung ini berwarna merah dan hitam dan biru, dengan dekorasi di Mansi di pinggiran kota. Maknanya adalah kalau adat itu ada batas-batasan yang seharusnya tidak dilanggar. Terdapat pula suatu kerekan yang jatuhnya dari bahu kanan menuju rusuk kiri pada keras kepala, dan ini dinamakan dengan pane bawah, berbordir emas dan melambangkan kebijaksanaan Kodak kandwang Bundu.

Pakaian Adat Tradisional Sumatera Barat untuk pria
Pada bagian atas disebut dengan Layanan imigrasi dan Naturalisasi, atau destar yang berfungsi sebagai kerudung. In merupakan kerut keriput yang melambangkan banyak sekali hukum yang harus diketahui oleh bingholo. Untuk warna setelan, warna hitam melambangkan suatu kepemimpinan yang terhormat dan juga handal. Kain berwarna merah yang melambangkan suaru keberanian untuk mencapai kebenaran.

Dengan mengenal Pakaian Tradisional Indonesia, yang ada di Sumatera Barat ini moga bermanfaat dan menambah kecintaan kita akan keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia, dan ini juga akan bisa menarik wisatawan asing untuk melihat keunikan budaya Indonesia, dan juga akan berdampak pada perkembanagn Wisata Indonesia.   

Bagi Info ini Di :

0 comments: