Makanan Khas Surabaya Kuliner Asli Kota Surabaya

Makanan Khas Surabaya Kuliner Asli Kota Surabaya - Surabaya memiliki kekayaan masakan kuliner. Kota yang terkenal dengan nama Kota Pahlawan merupakan kota terbesar ke 2 yang ada di Indonesia.


Kota Surabaya adalah ibukota dari Provinsi Jawa Timur, negara Indonesia. Dengan jumlah penduduk yang sangat padat, Surabaya juga merupakan pusat bisnis, kota perdagangan, juga kota industri. Salah satu hal yang menyenangkan saat berkunjung ke Surabaya adalah mencoba aneka makanan khas ala Surabaya. Salah satu makanan kuliner yang sangat terkenal yang berasal dari kota "buaya" ini adalah rujak cingur.

Namun tidak hanya rujak cingur saja yang menjadi makanan khas Surabaya, terdapat banyak aneka jenis makanan yang menjadi kekeyaan kuliner dari kota pahlawan ini.
Jika anda ingin mencicipi dan mencari kuliner ala Surabaya dan belum tahu makanan apakah yang berasal dari Surabaya, berikut ini adalah daftar makanan asli yang berasal dari ibukota jawa timur ini :

Rujak Cingur
Siapa yang tidak pernah mendengar Rujak cingur yang sudak kesohor ini. Makanan khas ini salah satu jenis makanan tradisional yang bisa dengan mudah di jumpai di daerah Jawa Timur, terutama Surabaya yang merupakan asal makanan ini. Makanan Rujak cingur terdiri dari beberapa irisan jenis buah-buahan segar di antaranya adalah ketimun, krai (sejenis ketimun dari Jawa Timur), buah bengkoang, mangga yang masih muda, buah nanas, buah kedondong dan ditambah dengan lontong, tahu, tempe, bendoyo dan cingur serta beberapa jenis sayuran-sayuran seperti kecambah/tauge, kangkung dan kacang panjang. Semua bahan tersebut dicampur menjadi satu dan di campur dengan bumbu yang terbuat dari bahan2 olahan diantaranya petis udang, air matang untuk mengencerkan, gula jawa/gula merah, cabai, kacang tanah yang telah digoreng, bawang goreng, garam serta pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk) yang di iris tipis. Semua saus/bumbu dicampur dengan cara diuleg, itu sebabnya rujak cingur juga sering disebut rujak uleg.

Daftar makanan lainnya yang berasal dari kota Surabaya adalah Semanggi, Gado-Gado,
Tahu Tek, Krengsengan, Bebek Goreng, Tempe Penyet, Lontong Balap, Lontong Mie, Kupang Lontong, Rawon, Tahu Campur, Soto Madura, Sop Kikil, Leker / Kue Pisang Surabaya/, Kare Kambing, Nasi sayur.

Bagi Info ini Di :

0 comments: