Pengertian Budaya Arti Definisi kebudayaan Menurut Bahasa

Pengertian Budaya - Pengertian Arti Definisi kebudayaan menurut bahasa Indonesia. Dalam bahsa sansekerta budaya memiliki makna buddhayah. Bahasa ini merupakan bentuk jamak dari kata budi atau akal. Dengan demikian kebudayaan dapat di artikan sebagai budi pekerti dari akal seorang manusia.

Kalau dalam bahasa asing seperti bahasa inggris, budaya sering di sebut culture. Kata culture ini berasal dari bahasa latin yaitu Colere. Berbicara tentang kebudayaan sangat erat dengan hubungan masyarakat. Seorang Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengatakan bahwa semua hal yang terdapat dalam kehidupan masyarakat banyak ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri.

Ini berarti bahwa kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian yang meliputi nilai sosial, nilai norma sosial, bermacam ilmu pengetahuan serta keseluruhan dari struktur-struktur sosial yang ada di dalam kehidupan masyarakat, seperti misalnya nilai religius dalam beragama. Sumber Info Pengertian Budaya Arti Definisi kebudayaan ini dari Wikipedia.

Ada banyak definisi dari arti kata budaya atau kebudayaan. Seperti misalnya menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan adalah sesuatu yang sangat kompleks. Di dalam budaya ini banyak terkandung bermacam pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat serta kemampuan-kemampuan yang lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat. Sedangkan menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan merupakan sarana hasil dari karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Ada banyak alasan mengapa orang sering mengalami kesulitan saat melakukan komunikasi dengan orang yang berhubungan dengan budaya. Karena budaya memiliki arti yang luas. Kebudayaan adalah suatu perangkat yang sangat rumit yang merupakan nilai-nilai yang dipolarisasikan oleh suatu citra dan mengandung pandangan atas keistimewaannya sendiri. Dengan demikian budayalah yang menyediakan suatu kerangka yang koheren untuk mengorganisasikan aktivitas seseorang dan memungkinkannya meramalkan perilaku orang lain.

Bagi Info ini Di :

0 comments: