Warisan Budaya Dunia Di Indonesia Batik Wayang Keris Angklung Situs Manusia Purba Sangiran Di Akui Sebagai Situs Warisan Budaya

Warisan Budaya Dunia Di Indonesia Batik Wayang Keris Angklung Situs Manusia Purba Sangiran Di Akui Sebagai Situs Warisan Budaya - Badan organisasi dari PBB di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya, yaitu UNESCO, telah mengakui ada 850 situs di dunia sebagai menjadi warisan budaya dari jumlah tersebut termasuk terdapat 11 situs budaya yang ada di Indonesia.


Kebudayaan Indonesia yang sangat beragam merupakan nilai lebih, rasanya tidak ada negara lain seperti Indonesia yang memiliki kekayaan budaya yang sangat unik dan menarik dan tersebar di seluruh daerah wilayah provinsi mulai dari barat hingga ke timur. Coba baca juga  Model Busana Baju Batik Modern Terbaru 2011 Koleksi Kemeja Baju Batik Modern Untuk Pria/Wanita Terbaru  ,   Gambar Model Kebaya Terbaru Mode Bahan Kebaya Exclusive ModernKebaya Pengantin Terbaru 2011 Model Busana Baju Kebaya Pernikahan Wanita Muslimah atau   Fashion Terbaru 2011 

Baru baru ini Organisasi dari PBB telah mengakui kalau dari Ke-850 situs yang diakui menjadi warisan budaya dunia itu di antaranya terdiri dari 689 mengenai budaya dan 176 alam, dan ada 11 situs warisan budaya yang berasal dari Indonesia.
Terdapat 11 situs budaya Indonesia yang sudah diakui sebagai warisan budaya dunia, diantaranya adalah Batik, Wayang, Keris, Angklung, dan situs manusia purba Sangiran.

Demikian kata Menteri Kebudayaan Dan Pariwisata Indonesia Jero Wacik dalam sebuah sambutan tertulis yang dibacakan oleh Dirjen Nilai Seni Budaya Dan Film, Ukus Kuswara, pada acara Kongres Sekretariatan Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI) di Solo, Rabu.

Mengenai trend budaya batik, dalam menjaga dan mengembangkannya kedepan tampaknya tidak ada masalah, karena sekarang ini sudah makin di gemari tidak hanya kaum tua, generasi muda pun sudah memakai kain batik, sedangkan untuk keris hanya digunakan sebatas sebagai pelengkap pakaian adat.

"Untuk mempertahankan keris sebagai warisan budaya dunia, memang tidak mudah dan ini menjadi tantangan tersendiri, maka lewat kongres ini harus bisa dijabarkan untuk keris agar tidak saja menjadi pelengkap pakaian adat. Tapi juga bisa sebagai benda seni dan bisa menjadi nilai tambah dan tidak hanya generasi tua, tetapi juga muda yang menyenangi," katanya.

Bibit Waluyo Gubernur Jawa Tengah dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Staf Ahlinya di Bidang Politik Maryanto mengatakan kalau senjata keris memang pada awalnya sebagai senjata untuk melindungi diri, tetapi sekarang ini sudah tidak terbatas pada fungsi tersebut saja.

Keris selain untuk senjata melindungi diri, dan simbol status sosial juga sebagai barang seni yang bernila tinggi dan juga sebagai barang sovenir yang bisa mendatangkan keuntungan bagi perajin keris.

"Jadi mengenai pelestarian keris itu apa bila dikelola dengan baik juga bisa mendatangkan kesejateraan bagi masyarakat," katanya.

Acara Kongres SNKI perta yang berlangsung mulai dari tanggal 19-21 April 2011 di Solo, itu selain untuk memilih pengurus baru, juga menysun program kerjas.

Dalam acara kongres SNKI tersebut juga digelar pameran dan bursa keris dan juga diadakan demontrasi membuat keris oleh para empu-empu muda.

Bagi Info ini Di :

0 comments: