Khasiat Temulawak Kandungan Tanaman Temulawak Bermanfaat Untuk Kesehatan Dan Obat Tradisional

Khasiat Temulawak Kandungan Tanaman Temulawak Bermanfaat Untuk Kesehatan Dan Obat Tradisional - Buat Anda yang sering menggunakan Temulawak sebagai ramuan tradisional tentunya sudah kenal dengan Temulawak. Temulawak merupakan salah satu jenis tanaman obat-obatan yang sering di pakai untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tanaman Temulawak asli berasal dari Indonesia, terutama banyak terdapat di Pulau Jawa. Khasiat dan manfaat apa yang bisa kita perloleh dari tanaman Temulawak ini?



Khasiat Temulawak

Temulawak

Manfaat temulawak untuk kesehatan dan khasiat Temulawak sebagai obat sebetulnya sudah banyak diketahui sejak jaman dulu dan menjadi bahan ramuan tradisional secara turun temurun dari jaman nenek moyang kita. Beragam khasiat Temulawak diantaranya adalah untuk obat penurun panas, berkhasiat untuk merangsang nafsu makan, bermanfaat untuk mengobati sakit kuning, sakit diare, sakit mag, mengatasi perut kembung, serta menghilangkan pegal-pegal.

Khasiat baru Temulawak adalah untuk menurunkan lemak darah, sebagai penghambat penggumpalan pada darah yaitu sebagai antioksidan, juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan serta untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Khasiat baru Temulawak tersebut kemudian juga sudah terbukti secara klinis. Sekarang ini sudah banyak perusahaan farmasi yang memenfaatkan Temulawak sebagai bahan baku untuk industri minuman diantaranya adalah untuk minuman bir temulawak, Industri jamu tradisional dll.

Tanaman Temulawak

Tanaman Temulawak


Kandungan Temulawak Dan Manfaat Temulawak

Zat apa saja yag terdapat pada Temulawak? Di dalam Temulawak terdapat kandungan utama yaitu mengandung protein, zat karbohidrat, serta kandungan minyak atsiri dimana minyak astiri yang terdapat pada Temulawak ini mengandung kamfer, zat glukosida, turmerol, serta kurkumin. Kandungan Kurkumin yang ada dalam Temulawak sangat bermanfaat untuk anti inflamasi yaitu sebagai anti radang serta anti hepototoksik yaitu zat anti keracunan empedu.

Khasiat Temulawak :
Kandungan zat pada Temulawak memiliki efek farmakologi yaitu hepatoprotektor yang berguna untuk mencegah penyakit hati, berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol, sebagai anti inflamasi atau anti radang, sebagai laxative atau pencahar, sebagai diuretik untuk peluruh kencing, dan dapat menghilangkan nyeri pada persendian. Manfaat lainnya untuk Temulawak adalah untuk meningkatkan nafsu makan, memiliki khasiat untuk melancarkan ASI pada ibu yang sedang menyusui, juga bermanfaat untuk membersihkan darah.

Temulawak Selain sering dimanfaatkan untuk jamu dan obat juga bermanfaat sebagai sumber karbohidrat dengan cara mengambil patinya, pati ini kemudian diolah untuk dibuat menjadi bubur makanan bayi atau untuk orang-orang yang sedang mengalami gangguan pencernaan. Karena kandungan Temulawak juga mengandung senyawa yang beracun, bisa dimanfaatkan untu mengusir nyamuk.

Demikian info kesehatan tentang khasiat dan manfaat Temulawak, KHASIAT TEMU LAWAK, manfaat temulawak untuk kesehatan, khasiat temu lawak sebagai obat, TEMULAWAK sebagai ramuan tradisional, Tanaman Temulawak dan khasiatnya.

Bagi Info ini Di :

1 comments:

tips kesehatan mengatakan...

temulawak kya khasiat


thanks infonya :)