Makanan Khas Makassar Masakan Tradisional Asli Kuliner Khas Makassar Sulawesi Selatan

Makanan Khas Makassar Masakan Tradisional Asli Kuliner Khas Makassar Sulawesi Selatan - Apa ya nama makanan khas yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan? Ada beberapa makanan khas indonesia  asal Makassar yang cukup populer, dan mungkin Anda juga pernah mendengarnya. Atau barangkali Anda sudah pernah mencicipi masakan kuliner khas Makassar? Beberapa nama makanan asli khas Makassar, Sulawesi Selatan di antaranya adalah Coto Makassar, Roti Maros, Jalangkote, Kue Tori', Palubutung, Pisang Ijo, Sop Saudara dan Sop Konro.lagi dalam informasi kuliner Indenesia.


Masakan Coto Makassar

Masakan Coto Makassar


Coto Makassar : Masakan Kuliner Makassar, Sulawesi Selatan
Nama Coto Makassar pastinya sudah tidak asing terdengar di telinga Anda. Coto Makassar juga sering di sebut dengan Coto Mangkasara merupakan nama makanan tradisional yang berasal dari Makassar, provinsi Sulawesi Selatan. Makanan Coto Makassar ini terbuat dari bahan diantaranya jeroan (isi perut) sapi yang cara pengolahannya direbus dulu dan makan waktu yang cukup lama. Hasil rebusan jeroan bercampur yang daging sapi ini selanjutnya di potong atau diiris-iris kemudian dibumbui dengan resep bumbu yang diracik secara khusus.

Penyajian Coto Makassar ini dihidangkan dalam sebuah mangkuk dan untuk melengkapi hidangan coto makassar ini biasanya dimakan dengan ketupat dan "burasa". Saat ini makanan khas asli Koda Makassar ini semakin populer dan terkenal dan sudah menyebar ke berbagai daerah yang aa di Indonesia.

Sup Konro : Makanan Khas Makassar Sulsel
Masakan Sup Konro mungkin masih agak asing buat Anda, Makanan ini sejeni masakan sup iga sapi dan merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang asalnya dari tradisi Bugis dan Makassar. Bahan untuk membuat Sup ini biasanya memakai bahan iga sapi atau daging sapi. Jenis masakan berkuah dengan warna coklat kehitaman ini umumnya juga dimakan dengan ketupat sebelumnya yang dipotong-potong kecil terlebih dahulu. Sup Konro ini merupakan masakan berkuah dalam bentuk sup dengan bumbu yang kaya akan rempah, Namun untuk saat ini juga mulai terdapat variasi kering yang dinamakan "Konro bakar" yaitu dari bahan iga sapi bakar dengan dibumbui khas konro.

Pisang Ijo : Jajanan Kuliner Makassar Sulawesi Selatan
Kuliner yang satu ini juga cukup populer buat penikmat kuliner nusantara. Makanan Pisang ijo atau Es pisang ijo, merupakan nama sejenis makanan khas yang berasal dari Sulawesi Selatan, terutama mudah di temukan kota Makassar. Seperti namanya, bahan untuk mebuat makanan ini terbuat dari pisang ijo yang dibalut dengan menggunakan adonan tepung yang juga di beri warna hijau. Cara memasaknya adalah dengan mengkukus di sebuah dandang.

Jika Anda memiliki referensi mengenai makanan khas Makassar dan Sulawesi Selatan silahkan beri komentar ya!

Makanan Khas Makassar, Kuliner Khas Makassar, makanan khas sulawesi selatan, masakan asli makassar sulawesi selatan, jajanan kuliner makassar sulawesi selatan, masakan tradisional asli makassar sulsel

Bagi Info ini Di :

0 comments: