Jenis Bunga Di Indonesia Berbagai Jenis Tanaman Bunga Langka DI Indonesia

Jenis Bunga Di Indonesia Berbagai Jenis Tanaman Bunga Langka DI Indonesia - Indonesia sudah di kenal di dunia sebagai negara yang memiliki keaneka ragaman jenis tanaman dan tumbuh tumbuhan. Banyaknya hutan yang masih alami menyimpan kekayaan tanaman yang belum tentu di temukan di negara lain. Yang termasuk dari keanekaragaman tanaman tersebut adalah jenis bunga yang terdapat di Indonesia. Banyak sekali jenis bunga yang terdapat di Indonesia. Dari sekian banyaknya nama nama bunga yang ada di Indonesia, ada beberapa bunga yang sudah sangat langka.


Berikut ama nama jenis bunga langka di Indonesia

Bunga Cendana
Bunga Cendana atau cendana wangi, adalah jenis pohon yang menghasilkan kayu cendana dan juga minyak cendana. Kayun cendana ini sering digunakan sebagai bahan rempah rempah , untuk bahan dupa, untuk aroma terapy, sebagai bahan campuran parfum atau buat sangkur keris warangka. Kayu dari tanaman cendana yang baik dapat menyimpan aroma dan bertahan sangat lama sekali. Di negara Indonesia, kayu cendana ini banyak ditemukan di daerah Nusa Tenggara Timur, khususnya berada di Pulau Timor, meskipun sekarang juga bisa ditemukan di Pulau Jawa atau pulau-pulau di daerah Nusa Tenggara lainnya.

Pada awalnya tumbuhan Cendana merupakan tumbuhan parasit . Kecambahnya adalah pohon inang agar mendukung pertumbuhannya, hal ini di sebabkan perakarannya sendiri tidak mampu mendukung kehidupannya. Karena alasan inilah tanaman cendana sangat sukar sekali dikembangbiakkan atau dibudidayakan. Kayu cendana wangi sekarag ini sudah sangat langka dan harganya juga sangat mahal sekali.

Bunga Bangkai
Rafflesia arnoldii : Nama latin dari Bunga bangkai adalah Rafflesia arnoldii. Bunga ini ditemukan oleh rombongan Sir Stamfort (gubernur East Indi Company di Sumatera dan Jawa) dan Dr. Joseph Arnord, yaitu seorang naturalis yang melakukan ekspedisi di daerah Bengkulu pada tanggal 20 Mei 1818. Kemudian kedua nama tersebut telah diabadikan menjadi sebuah nama latin. Bunga Rafflesia arnoldii ini dinamakan juga sebagai bunga padma raksasa dan puspa langka. Padma raksasa (Rafflesia arnoldii) adalah jenis tumbuhan parasit obligat yang sudah terkenal karena ukuran bunganya sangat besar, bahkan bunga raflesia ini merupakan bunga dengan ukuran terbesar yang ada di dunia.

Amorphophallus titanum
Amorphophallus titanum : Ada juga jenis bunga bangkai yang lainnya selain Rafflesia arnoldii yaitu bunga bangkai  Amorphophallus titanum. Tanaman bunga ini hanya terdapat di hutan hujan wilayah Sumatera, walaupun untuk sekarang ini juga telah berhasil ditransplantasikan, juga bisa dipanen, dan tumbuh di seluruh dunia. Jenis tanaman ini memiliki dua fase dalam kehidupannya dan bisa muncul secara bergantian yaitu fase vegetatif serta fase generatif. Pada waktu fase vegetatif akan  muncul daun serta batang semunya. Bisa mencapai ketinggian 6m. Apabila sudah beberapa waktu (tahun), pada bagian organ vegetatif ini akan layu dan umbinya dorman. Jika untuk cadangan makanan yang ada di umbi ini mencukupi dan didukung oleh lingkungan, maka bunga majemuknya akan timbul.

Bunga Aggrek Langka
Di Indonesia ini ada banyak jenis spesies bunga anggrek yang sudah langka diantaranya adalah :

Paphiopedilum glaucophyllum
Paphiopedilum glaucophyllum : Untuk bunga Anggrek yang langka ini hanya bisa di temukan sekitar daerah gunung semeru yang ada di daerah Jawa Timur. Bunga Anggrek ini sering disebut juga dengan bunga anggrek kasut berbulu. Anggrek ini bentuknya seperti kantung pada bagian bawahnya dan memiliki warna kelopak bunga sedikit berwarna merah muda.

Coelogyne pandurata
Anggrek Coelogyne pandurata : Untuk bunga anggrek langka yang ini disebut juga nama bunga anggrek hitam. Bunga anggrek langka yang juga dilindungi ini dapat di jumpai di sekitar Kalimantan Timur. Ternyata bunga anggrek hitam ini juga sudah terkenal hingga ke wilayah manca negara dengan nama black orchid.
Dinamakan bunga Anggrek hitam karena mempunyai lidah yang ada di dalam mahkota bunga yang berwarna hitam. Adanya lidah atau labellum  inilah yang menjadi ciri khasdari bunga anggrek hitam.

Anggrek Pensil (Vanda Hookeriana)
Anggrek pensil (Vanda hookeriana) berasal dari pulau Sumatra merupakan jenis anggrek yang juga langka. Anggrek ini termasuk jenis anggrek yang banyak diminati oleh para pencinta bunga. Anggrek ini hidup menumpang pada bagian bunga bakung (Crinum asiaticum). Yang menyebabkan langkanya anggrek ini, disebabkan karena habitat anggrek yang terdapat di Cagar Alam Dusun Besar (CADB), Bengkulu sudah banyak dirusak akibat tangan manusia. Akibat dari kerusakan tersebut juga telah mengakibatkan bunga bakung mati.

Bunga Edelweis Anaphalis Javanica
Bunga edelweiss : bunga Edelweis Anaphalis Javanica merupakan nama tumbuhan banyak terdapat di gunung dan sudah terkenal baut pendaki gunung, tumbuhan Edelweis ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 8 m serta memiliki batang dengan ukuran kira kira sebesar kaki manusia, akan tetapi tumbuhan Edelweis yang cantik ini sekarang sudah sangat langka. Apabila tumbuhan ini cabang-cabangnya dan dibiarkan, dapat tumbuh cukup kokoh.

Jenis bunga di Indonesia, berbagai tanaman bunga, jenis tanaman bunga, bunga langka di indonesia, nama tanaman bunga di indonesia.

Bagi Info ini Di :

0 comments: