Kebudayaan Jawa Tengah

Budaya Jawa Tengah - Mengenal kebudayaan Jawa Tengah boleh dikatakan mengetahui segala hal yang berkaitan dengan seni dan budaya yang ada di seluruh wilayang yang terdapat di Jawa Tengah.

Provinsi Jawa Tengah yang secara geografis dan juga secara budaya kadang juga mencakup wilayah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Budaya Jawa Tengah telah dikenal sebagai "jantungnya" budaya yang ada di Jawa.

Apa saja yang termasuk dalam seni budaya jawa tengah? Banyak banget ! Sama seperti daerah lain yang terdapat di Indonesia, Adat juga merupakan salah satu kebudayaan yang ada di Jawa Tengah, misalnya saja tentang upacara pernikahan dimana sang calon pengantin akan menjalani proses "Pingitan". Lalu ada upacar siraman dan masih banyak lagi.

Bidang lain yang berkaitan dengan Budaya di Jawa Tengah adalah seni. Kesenian yang termasuk dalam budaya jawa tengah ini meliputi seni tari, gamelan, macapat, ketoprak, wayang kulit.

Ada satu lagi hasil budaya jawa tengah yang sudah terkenal hingga manca negara yaitu produk Kain Batik. Hampir setiap daerah di jawa tengah mempunyai corak batik tulis yang berbeda serta memiliki ciri khas masing-masing. Beberapa daerah penghasil Batik yang sangat terkenal adalah Solo dab Pekalongan.

Wayang kulit juga merupakan salah satu kebudayaan Jawa Tengah yang sudah dia akui oleh dunia. Unesco telah mengakui bahwa Wayang Kulit adalah sebagai warisan budaya dunia. Anda punya info lain tentang seni dan budaya di Jawa Tengah? Tulis saja komentar Anda!

Bagi Info ini Di :

0 comments: