Budaya Kalimantan Selatan Seni Kebudayaan Daerah Kalsel

Budaya Kalimantan Selatan Seni Kebudayaan Daerah Kalsel - Propinsi Kalimantan Selatan memiliki kakayaan budaya yang sangat beragam. Dari seni karawitan, rumah adat, pakaian adat, lagu daerah hingga tarian tradisional daerah.

Pakaian Adat Kalimantan Selatan :
Busana Pengantin Banjar berasal dari suku Banjar. Ada beberapa jenis pakaian adat untuk busana pengantin Banjar yaitu :

Pakaian Bagajah Gamuling Baular Lulut, pakaian tradisional ini merupakan busana pengantin klasik dan sudah ada sejak pada zaman kerajaan Hindu yang ada di propinsi Kalimantan Selatan.

Busana Baamar Galung Pancar Matahari, salah satu jenis busana pengantin yang sudah ada sejak munculnya kerajaan Islam yang ada di propinis Kalimantan Selatan.

Lagu Daerah Kalimantan Selatan : Ampar-ampar Pisang, Sapu Tangan Babuncu Ampat, Paris Barantai

Pakaian Adat Kalimantan Selatan : Buisana Pengantin Bagajah Gamuling Baular Lulut, Busana Pengantin Baamar Galung Pancar Matahari, Busana Pengantin Babaju Kun Galung Pacinan, Busana Pangantin Babaju Kubaya Panjang, Pakaian Nanang serta Pakaian Galuh Banjar

Tarian Daerah Kalimantan Selatan : Tari Baksa Kambang, Tari Radap Rahayu, Tari Kuda Gepang, Tarian suku Banjar, Tarian Tandik Balian, Tari Babangsai (tarian ritual, penari wanita), Tarian Kanjar (tarian ritual, penari pria)


Bagi Info ini Di :

0 comments: