Khasiat Manfaat Asam Jawa Resep Cara Menggunakan Buah Asam Untuk Pengobatan Penyakit

Khasiat Manfaat Asam Jawa Resep Cara Menggunakan Buah Asam Untuk Pengobatan Penyakit - Kembali jagi ke topik kesehatan dari blog artikel berita terbaru Indonesia. Kalau beberapa waktu lalu sudah ada info mengenai Manfaat Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan , Khasiat Madu,  Khasiat Manfaat Jambu Biji,  dan  Obat Herbal Alami  kali ini akan buat tulisan mengenai khasiat manfaat asam. kalau Anda belum baca tulisan sebelumnya mengenai manfaat kunyit bisa baca dulu di

Kita cari tahu dulu apakah manfaat asam dalam hal ini masyarakat umumnya menyebut asam jawa. Ga tahu apakah karena banyak terdapat di jawa atau memang tanaman asam ini berasal dari pulau jawa... :) :)

Buah Asam jawa atau bahasa latinnya adalah tamarindus indica adalah sebuah kultivar dari daerah tropis. Asam jawa ini termasuk dalam kategori tumbuhan yang berbuah polong. Kalau melihat batang pohon asam ini cukup keras dan tanaman asa ini bisa tumbuh dan berkembang menjadi besar dengan daunnya yang rindang. Batang pohonnya yang cukup keras dapat tumbuh menjadi besar dan daunnya rindang. Kalau kita lihat daun asam jawa ini berbentuk tangkai panjang, mungkin ukurannya sekitar 17 cm. Bunga tanaman asam jawa warnanya agak kuning kemerah-merahan dengan buah berbentuk polong dan warnanya coklat dan kalau di makan rasanya sangat asam.. ya iyalah makanya tanaman ini di sebut asam.. hehehe. Pada buah asam jawa selain kulit sebagai pembungkus daging buah, buah asam juga berbiji yang jumlahnya sekitar 2 hingga 5 bijiyang dengan bentuk pipih dan warna biji asam jawa berwarna coklat agak kehitam hitaman.

Buah asam jawa ini sering di manfaatkan sebagai obat alami untuk kesehatan. Beberapa penyakit bisa diobatai dengan memenfaatkan asam jawa ini diantaranya adalah untuk mengobati dan penyembuhan : Reumatik, Asma, Batuk, Demam, Sakit perut, Sakit panas, morbili; Alergi/biduren, Sariawan, Bisul; Bengkak disengat lipan/lebah, Gigitan ular bisa, Rambut rontok; Luka baru, Luka borok, dan Eksim.

Manfaat khasiat Asam Jawa untuk pengobatan :

1.Buah asam jawa untuk mengobati dan penyembuhan Asma

Bahan yang diperlukan: siapkan 2 potong kulit dari pohon asam jawa dan adas pulawaras secukupnya
Cara membuat ramuan: ambil kedua bahan yaitu asam jawa dan das pulawaras kemudian direbus dengan menggunakan 1 liter air, rebuh ramuan tersebut hingga mendidih, setelah itu disaring.
Cara menggunakan ramuan ini dengan diminum 2 kali sehari

2.Asam jawa untuk mengobati Batuk Kering
Bahan yang diperlukan : siapkan 3 polong buah asam jawa, kemudian ½ genggam daun saga.
Cara membuat ramuan: siapkan kedua bahan diatas lalu direbus dengan menggunakan 4 gelas air hingga mendidih dan tinggal 1 gelas. Setelah itu baru disaring.
Cara menggunakan ramuan ini adalah diminum setiap 2 kali sehari, waktunya pagi dan sore hari.

3.Asam Jawa Untuk Mengobati Demam
Bahan yang diperlukan adalah 1 genggam daun asam jawa, kemudian adas pulawaras secukupnya.
Cara membuat ramuan : ambil kedua bahan yaitu daun asam dan adas pulawaras, kemudian ramuan tersebut direbus dengan menggunakan air sebanyak ½ liter. Rebus hingga mendidih, selanjutnya disaring
Cara menggunakan ramuan ini adalah dengan diminum setiap 2 kali sehari, yaitu waktu pagi dan sore hari.

Demikian info mengenai manfaat dan khasiat buah asam jawa untuk peyembuhan penyakit, Sebetulnya masih banyak resep penggunaan dan pemanfaatan asam jawa untuk pengobatan alami.

Bagi Info ini Di :

1 comments:

armouris mengatakan...

lagi info tentang asam jawa di SIHAT SELALU - Asam Jawa : Kegunaan dan Khasiat