Tempat Obyek Wisata Di Riau

Daftar tempat wisata Riau. Letak provinsi Riau yang sangat strategis karena berdekatan dengan Batam, memungkinkan obyek wisata Riau mampu menarik wisatawan lokal atau mancanegara.


Provinsi Riau yang beribukota di Pekanbaru ini terletak di Pulau Sumatera. Ada beberapa obyek wisata Riau yang menarik karena salah satu potensi wisata indonesia di Sumatera ini  bisa di jadikan sebagai tempat tujuan berlibur oleh wisatwan asing atau lokal. Obyek wisata di Riau seperti Alam Mayang
Mal SKA, Danau Limbungan, Bandar Serai, Kubang Zoo, Pasar Bawah, Air Terjun Guruh Gemurai serta Air Terjun Batangkuban merupakan tempat wisata kebanggaan warga provinsi Riau. Namun ada beberapa obyek wisata lain yang menarik minat wisatawan di antaranya adalah :

Wisata Alam Riau ;

Pulau Jemur
Pulau wisata ini berjarak sekitar 45 mil dari ibukota Kabupaten Rokan Hilir, Bagansiapiapi, dan hanya 45 mil dari negara Malaysia. Pulau Jemur memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Di Pulau Jemur ini juga menyimpan beberapa potensi wisata lain seperti Goa Jepang, Mercusuar, Taman Laut dan pantai berpasir kuning emas.
Obyek wisata alam lainnya yang menarik di Riau adalah Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Pantai Rupat Utara Tanjung Medang, Air Terjun Aek Martua, serta Objek Wisata Bono.

Wisata Bahari di Kabupaten Siak Riau
Dinamakan Danau Pulau Besar yang lokasinya terletak di Desa Zamrud, Kecamatan Siak Sri Indrapura. Luas obyek wisata ini sekitar 28.000 Ha. Terdapat keanekaragaman jenis hewan satwa liar di Suaka Marga Satwa danau Pulau Besar.

Wisata Budaya Riau

Upacara Bakar Tongkang
Wisata budaya Raiau ini bernama Upacara Bakar Tongkang. Wisata budaya ini menjadi unggulan Provinsi Riau yang berasal dari Kabupaten Rokan Hilir. Upacara Bakar Tongkang merupakan salah satu kekayaan buday dari provinsi Riau dan telah menjadi wisata nasional bahkan internasional. Wisata budaya Ritual Bakar Tongkang merupakan sebuah kisah pelayaran dari masyarakat keturunan Tionghoa yang melarikan diri dari si penguasa Siam di daratan Indo China pada abad ke-19.

Mesjid Raya Pekanbaru
Di Mesjid Raya ini terdapat Makan Marhum Bukit serta Makam Marhum Pekan. Lokasi Mesjid Raya Pekanbaru berada di daerah Kecamatan Senapelan dan memiliki keindahan arsitektur tradisional yang amat menarik. Masjid ini merupakan mesjid tertua di Kota Pekanbaru.

Candi Muara Takus
Obyek wisata Candi Muara Takus berlokasi di desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar. Di dalam kawasan candi ini juga terdapat beberapa bangunan candi Tua, candi Bungsu dan Mahligai Stupa serta Palangka. Kompleks candi Muara Takus merupakan satu-satunya peninggalan bersejarah yang berbentuk candi di Riau. Candi ini juga membuktikan bahwa di Riau pada jaman dulu pernah tersebar agama Budha

Bagi Info ini Di :

1 comments:

luwengkidul mengatakan...

info bagus gan,,
tertarik ke jogja Visit juga

http://luwengkidul.blogspot.com/