Buah Langka Indonesia Nama Buah-Buahan Langka Yang Hampir Punah Asli Dari Indonesia

Buah Langka Indonesia Nama Buah-Buahan Langka Yang Hampir Punah Asli Dari Indonesia - Negara Indonesia menyimpan banyak kekayaan alam yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Mulai dari hasil hutan atau kebun berupa buah-buahan, hasil tambang, kekayaan laut dsb. Kalau beberapa waktu lalu blog ini sudah menginformasikan mengenai Tumbuhan Langka dan Hewan Langka yang ada di Indonesia, info kali ini mengenai buah-buahan langka asli Indonesia yang keberadaannya kian langka.

Informasi mengenai buah langka di Indonesia ini hanya sekedar share untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang Indonesia. Berikut ini daftar nama-nama buah langka dari Indonesia yang semakin jarang di temuka di pasaran :


Buah Menteng atau Baccaurea racemosa.
Buah Menteng yang sekarang ini sudah mulai langka ini rasanya asam-asam manis. Sedangkan daging Buah Menteng ini sangat sedikit dikarenakan buah menteng ini bijinya cukup besar. Buah Menteng ini banyak terdapat di daerah Bogor dan sekitarnya. Kalau di daerah lain seperti di jawa tengahh, Buah Menteng sering disebut dengan buah mundung. Kalau dilihat sekilas buah menteng ini hampir sama dengan buah duku. Kebanyakan rasa buah Menteng ini kecut atau asam. Buah menteng asli berasal dari pulau jawa.


Buah Kweni.
Buah Kweni saat ini juga makin jarang di temukan di pasar. Buah Kweni termasuk dalam golongan buah mangga. Buah Kweni bentuknya agak bulat, dan kalau kweni sudah matang warnanya agak hijau kekuning-kuningan. Buah Kweni dagingnya cukup tebal dan warnanya kuning. Jika buah Kweni ini di makan rasanya manis keasam-asaman dan berserat. Kalau dicium buah Kweni ini baunya sangat wangi.


Buah Kemang (Mangifera caesia)
Buah ini kalau dilihat sekilas seperti buah mangga, jika sudah matang buah Kemang berwarna kuning agak kecoklat-coklatan. Kalau dicium buah Kemang ini mengeluarkan aroma laksana terpentin. Untuk daging buah Kemang ini berwarna kuning dan mengandung banyak sekali cairan dan memiliki rasa buah asam manis. Buah Kemang yang sudah masak bisa dimakan segar. Tapi jika buah Kemang belum masak atau hampir masak sering di gunakan untuk campuran rujak. keberadaan Buah Kemang yang semakin langka ini menyebar secara alami di daerah pulau Sumatera, Kalimantan dan semenanjung Malaya. Tapi mulai sekarng ini sudah mulai dibudidayakan di daerah jawa barat, terutama dekat daerah Bogor.

Buah Kecapi (Sandoricum koetjape)
Di daerah tertentu buah Kecapi sering disebut juga buah sentul atau buah ketuat. Buah Kecapi ini berasa agak manis keasam asaman. Buah Kecapi memiliki kulit yang cukup tebal tapi buahnya juga berdaging tebal. Buah Kecapi sering dimakan dalam keadaan segar. Tapi buah Kecapi ini juga enak untuk dijadikan manisan atau marmalade. Tak hanya buahnya yang menyegarkan kayu pohon kecapi memiliki mutu yang baik untuk digunakan sebagai bahan konstruksi rumah, perkakas bahkan untuk kerajinan. Daun pohon Kecapi juga memiliki khasiat obat. Ramuan dari rebusan daun Kecapi bisa digunakan untuk menurunkan demam. Akarnya bisa untuk mengatasi kembung, sakit perut serta penyakit diare.

Buah Jamblang
Buah yang satu ini juga makin langka di Indonesia. Buah jamblang kalau masak biasanya berwarna hitam, biasa dimakan segar dan rasanga manis. Buah jamblang yang banyak mengandung vitamin A dan vitamun C ini juga dapat dijadikan sari buah, jeli atau anggur.

Bagi Info ini Di :

1 comments:

iPayMu.com Pembayaran Online Indonesia mengatakan...

berkunjung gan..
salam kenal dan visit back ya.