Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan Manfaaat Bawang Putih Untuk Mencegah Dan Mengobati Penyakit

Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan Manfaaat Bawang Putih Untuk Mencegah Dan Mengobati Penyakit - Informasi dan artikel kesehatan kali ini tentang manfaat bawang putih yang keberadaannya mudah kita dapatkan. Bagi ibu-ibu rumah tangga pasti tak asing lagi dengan bawang putih. Yup.. bawang putih pasti selalu ada di dapur sebagai salah satu bumbu untuk masakan.


Lanjut lagi ke topik mengenai bawang putih...Bawang putih atau Allium sativum
merupakan jenis tanaman dari genus Allium. Dalam kehidupan sehari hari bawang putih terkenal sebagai bahan bumbu masakan. Dalam keadaan mentah Bawang mengandung senyawa-senyawa sulfur, juga ada zat kimia yang disebut dengan alliin sehingga kalau dikonsumsi dalm keadaan mentah bawang putih terasa getir atau angur. Tanaman bawang putih ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 60 cm. Tanaman bawang putih ini sering ditanam pada ladang-ladang yang ada di daerah pegunungan serta harus cukup mendapatkan sinar matahari.

KANDUNGAN ZAT YANG TERDAPAT PADA BAWANG PUTIH

Didalam Bawang putih terkandung minyak atsiri dimana minyak astiri memiliki sifat anti bakteri atau antiseptik. Kandungan lain dalm bawang putih adalah allicin dan aliin yang berhubungan dengan daya anti kolesterol. Dengan demikian bawang putih ini dapat mencegah penyakit jantung koroner dan mencegah tekanan darah tinggi.

Umbi batang bawang putih banyak mengandung zat-zat seperti :
a.Vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C
b.Protein
c.Kalsium yang bersifat untuk menenangkan sehingga berguna untuk mencegah hipertensi.
d.Belerang
d.Lemak
e.Zat Besi, Zat Fosfor
f.Saltivine : yang berguna untuk mempercepat pertumbuhan jaringan sel dan dapat merangsang susunan sel saraf.
g. Diallysulfide, alilpropil-disulfida : sebagai anti cacing.
h. Lemak

KHASIAT DAN MANFAAT BAWANG PUTIH UNTUK KESEHATAN

1. Bawang putih untuk pengobatan Flu dan Batuk.
Kandungan zat sulfur yang terdapat dalam bawang putih bisa untuk meningkatkan dan dapat mempercepat kegiatan membran mucous yang ada pada saluran pernapasan, hal ini dapat digunakan untuk membantu melegakan pemampatan dan mengeluarkan lendir. Dalam keadaan mentah bawang putih mengandung zat phytochemical yang berguna untuk membantu membunuh bakteri serta virus yang menjadi penyebab penyakit. Dalam sebuah penelitian pada tahun 1992, seorang peneliti dari Universitas Brigham Young di Utah telah melaporkan kalau bawang tumbuk dalam minyak dapat membunuh rhinivirus tipe 2 (penyebab umun flu), selain itu juga bisa membunuh 2 macam herpes (penyakit kulit menular) dan beberapa virus umum lainnya.

Cara memanfaatkannya adalah dengan memakan bawang putih sebanyak-banyaknya segera setelah Anda merasa sakit atau bisa juga menambahkan bawang putih pada masakan. Bawang putih juga dapat untuk obat batuk dengan resep ini : Hancurkanlah bawang, kemudian masukanlah ke dalam susu dingin di dalam panci, setelah itu panaskan kurang lebih sekitar 1-2 menit, kemudian minum hangat-hangat.

2.Khasiat dan manfaat bawang Putih untuk kolesterol
Ada 12 studi yang sudah dipublikasikan di seluruh dunia yang memastikan bahwa bawang putih bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Dengan demikian dapat disimpulkan kalau bawang putih berkhasiat untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

3.Khasiat dan manfaat bawang putih untuk Kanker
Di dalam Bawang putih memiliki kandungan untuk memerangi kanker, terutama untuk kanker perut dan usus besar. Zat Organosulfida yang terdapat dalam kandungan bawang putih bisa membantu hati memproses senyawa kimia beracun, juga senyawa kimia yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Dalam satu penelitian epidemiologis telah menunjukan bahwa orang yang sering mengkonsumsi bawang putih akan lebih rendah resikonya terkena kanker perut serta usus besar. Untuk memastikan kalau anda akan mendapatkan hasil yang optimal, peneliti dari Penn State Unipersity merekomendasikan untuk membiarkan dulu potongan atau tumbukan bawang selama paling sedikit 10 menit, memberi waktu bawang itu membentuk kandungan-kandungan yang membantu memerangi kanker.

4.Manfaat bawang Putih untuk kehamilan
Ada sebuah riset yang menunjukkan bahwa jika menkonsumsi bawang putih selama kehamilan dapat mengurangi resiko komplikasi kehamilan pre-eclampsia (meningkatkan tekanan darah kandungan protein dalam urine). Studi–studi yang lain juga telah mengungkapkan kalau bawang putih juga dapat membantu menaikkan lambatnya berat badan bayi yang terlalu kecil. Sebuah riset yang dilakukan oleh Dr. D. Sooranna, Ms J. Hirani dan Dr. I Das di Academic Department of Obsterrics dan Gynaecology, Chelsea dan Westminster Hospital in London UK. Bahwasanya mereka memiliki kesimpulan bahwa walaupun pre-eclampsia dan kelambatan pertumbuhan merupakan kondisi yang kompleks, mengkonsumsi tablet yang terbuat dari bawang putih secara standar selama masa kehamilan bisa mengurangi kemungkinan–kemungkinan terjadinya komplikasi pada kelahiran. Mereka memfokuskan pada kelambatan pertumbuhan yang terjadi pada bayi dan pre-eclampsia, kondisi yang sangat berbahaya bagi ibu dan anak yang terjadi pada kira–kira satu diantara sepuluh kehamilan.

5.Manfaat bawang putih untuk penyembuh wasir
Bawang putih juga berkhasiat untuk mengobati wasir. Caranya adalah bersihkan dulu daerah anus dan sekitarnya dengan menggunakan air hangat dan sabun, kemudian oleskan jus/beberapa siung bawang putih yang sebelumnya sudah dimemarkan dahulu kurang lebih sebanyak 3-5 kali pada anus yang telah dibersihkan, tunggu beberapa menit kemudian bersihkan.

6.Manfaat bawang putih untuk meningkatkan stamina
Setelah dikaji secara lebih mendalam, ternyata bawang putih berguna ebagai sumber stamina dan untuk kekuatan fisik yang tinggi. Meskipun waktu sebelumnya mereka sangat jarang sekali sakit, tiba-tiba mereka mudah terserang flu, orang2 yang seperti inilah yang terutama sangat membutuhkan daya pembangun untuk stamina yang terdapat dalam kandungan bawang putih. Orang-orang yang sangat mudah lelah seharusnya bisa menambah stamina mereka dengan mengkonsumsi makan sedikit bawang putih setiap hari untuk jangka waktu yang lama. Caranya adalah dengan mencampurkan bawang putih dalam olahan masakan kita dan menelannya.

7.Manfaat dan khasiat bawang putih untuk mengontrol gejala diabetes
Penyakit Diabetes mellitus merupakan suatu jenis penyakit bawaan yang ditandai oleh tak cukupnya insulin di dalam tubuh, hal ini karena akibat kelebihan gula yang ada di dalam darah dan urine, serta kelaparan yang hebat dan kehausan. Penderita Diabetes ingin selalu makan yang manis-manis, dan walaupun ia suka makan yang manis-manis dan makanan lainnya, berat badan cenderung berkurang. Gejala utamanya adalah menurunnya daya tahan pada tubuh terhadap kuman serta bakteri gangguan kulit serta berkurangnya gairah seksual, penyakit usus dan pembuluh darah. Penggunaan dan pemanfaatan bawang putih yang dilakukan secara bijaksana dalam diet merupakan salah satu cara dalam mendapatkan manfaat terbesar dari makanan yang dikonsumsi dengan demikian dapat menyumbang pada kondisi tubuh yang baik.


Demikian informasi kesehatan mengenai khasiat bawang putih, manfaat bawang putih untuk kesehatan, khasiat manfaat bawang putih untuk pencegahan dan mengobati berbagai penyakit.

Bagi Info ini Di :

0 comments: