Khasiat Jahe Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Badan

Khasiat Jahe Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Badan Dan Pengobatan Tradisional - Jahe dalam pengobatan tradisional sangat berkhasiat dan banyak manfaatnya. Tanaman Jahe mungkin sudah tidak asing lagi buat kita. Walaupun ada juga yang belum pernah lihat tanaman jahe itu seperi apa, paling tidak nama jahe pasti hampir semua orang tahu. Jahe merupakan sejenis tanaman rimpang yang keberadaannya sangat populer karena jahe ini merupakan rempah-rempah dan berguna sebagai bahan obat.


Rasa Jahe yang agak pedas dan menghangatkan sering dimanfaatkan unuk mengatasi teonggorokan. Tanaman Jahe ini termasuk dalam kategori tanaman Zingiberaceae (temu-temuan). Dalam pertumbuhannya, tanaman Jahe bisa berkembang dan tumbuh subur pada tanah dengan ketinggian antara 0 sampai 1500 meter di atas permukaan laut.

Agar tanaman jahe bisa berproduksi maksimal, tanaman jahe ini membutuhkan curah hujan antara 2500 hingga 3000 mm per tahun dengan kelembapan sekitar 80% pada tanah yang lembab sekitar PH 5,5 hingga 7,0 dan tanaman jahe ini memerlukan unsur hara cukup tinggi. Agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam penanaman jahe maka tanah yang pakai untuk menenam jahe juga tidak boleh tergenang air. Jenis jahe pun ada beberapa macam seperti jahe gajah, jahe kuning dan jahe merah.

Berikut ini khasiat jahe serta manfaat jahe untuk kesehatan tubuh :


Jahe berkhasiat untuk mengurangi rasa nyeri

Pernah mengalami cidera? Akibatnya tentu terasa sakit dan agak perih. Jahe ternyata bisa bisa dimanfaatkan untuk mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan.

Dalam jahe mengandung minyak dan minyak jahe ini bisa berfungsi melawan peradangan dan meningkatkan suplai darah. Sehingga bisa membantu mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri. Minyak yang terdapat dalam jahe tersebut berkhasiat untuk menyembuhkan luka dalam tubuh yang ada dalm tubuh.

Jahe bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah

Jahe juga bisa difungsikan untuk meningkatkan sirkulasi darah yang ada pada tubuh, Jahe juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. jahe memiliki kandungan yang bisa berguna untuk melemaskan otot-otot yang membuka di dalam pembuluh darah arteri. Dengan demikian jahe punya khasiat dan manfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Jahe berkhasiat untuk melancarkan pencernaan

Jahe ini juga merupakan pembersih yang bersifat alami dan berguna untuk membantu proses pencernaan. Jahe bermanfaat untuk merelaksasi otot pencernaan, sehingga proses penyerapan makanan dalam tubuh menjadi lebih mudah. Tidak hanya itu itu, jahe juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kram pada perut. Dan ini sering terjadi pada wanita waktu haid.

Jahe berkhasiat untuk mengatasi mual-mual

Biasanya rasa mual dan pusing sering terjadi padawaktu pagi hari. Dibandingkan mengkonsumsi obat mual, akan lebih baik jika minum air jahe. Anda bisa buat ramuan sendiri yaitu dengan menyeduh jahe yang sebelumnya sudah dihaluskan dengan air hangat dan kemudian tambahkan sedikit gula. Sebab jahe punya khasiat untuk melemaskan otot-otot pencernaan akibat rasa dan berakibat timbulnya rasa mual, dan ramuan ini sangat efektif sekali untuk menghilangkan rasa mual.

Bagi Info ini Di :

0 comments: